Senin, 23 Januari 2017

Penyebab Sering Sariawan

Bagi anda yang sering mengalami sariawan, informasi tentang penyebab sering sariawan berikut ini mungkin akan sangat berguna.

Berjumpa kembali di salah satu blog resmi milik Alfian Herbal, yang merupakan pusat penjualan obat herbal produk Green world. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai artikel kesehatan yang meliputi penyebab sering sariawan.

Sariawan pada umunya diakibatkan oleh faktor penyebab yang ringan, tetapi pada beberapa kasusu sariawan dapat terjadi akibat dampak yang dibutuhkan oleh penyakit bebahaya. Sehingga anda perlu waspada jika sariawan yang anda derita tidak kunjung sembuh justru semakin bertambah parah. Berbagai penyebab sering sariawan antara lain:

Kekurangan zat nutrisi penting

Kekurangan zat nutrisi penting juga dapat menjadi penyebab sariawan. Nutrisi penting tersebut antara lain yaitu vitamin C, vitamin B12, zat besi, dan asam folat. Oleh karena itu sediakan selalu menu makanan sehat dengan gizi lengkap dalam menu harian anda. Vitamin C, vitamin B12, zat besi, dan asam folat banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur. Buah-buahan dan sayuran juga banyak mengandung serat yang sangat bagus untuk memperlancar pencernaan serta berperan untuk melancarkan metabolisme tubuh. Dengan fungsi tersebut, terjadinya sariawan dapat dicegah sekaligus dapat mempercepat proses kesembuhan ketika sariawan datang mrnyerang.

Infeksi bakteri

Adanya infeksi bakteri sangat memungkinkan sebagai penyebab sering sariawan. Infeksi bakteri ini dapat muncul pada umumnya dikarenakan kurangnya kebersihan gigi dan mulut sehingga berbagai kuman dan plak bersarang di dalam rongga mulut. Kuman tersebut akan berkembang di dalam mulut dan terjadi proses infeksi sehingga menimbulkan sariawan. Infeksi bakteri dalam rongga mulut ini seringkali berasal dari kuman atau plak yang berasal dari gigi. Sehingga bagi Anda yang mengalami masalah kesehatan pada gigi maka berisiko tinggi untuk menderita sariawan. Masalah kesehatan gigi tersebut yang paling banyak yaitu akibat karies gigi (infeksi kuman yang merusak struktur gigi).



Untuk menghindari sariawan akibat infeksi bateri, cara yang paling efektif yaitu dengan cara menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali dalam sehari menggunakan pasta gigi. Biasakan menggosok gigi dengan aturan menyikat gigi yang benar. Anda juga dapat menggunakan pembersih mulut (mouthwash) untuk membantu membersihkan rongga mulut dari kuman atau bakteri.

Konsumsi makanan tertentu

Penyebab sariawan yang berikutnya yaitu akibat konsumsi makanan tertentu. Makanan yang sering memicu timbulnya sariawan yaitu makanan atau minuman yang terlalu panass atau terlalu pedas. Selain itu, ada jenis makanan yang manis-manis seperti coklat atau permen jika menempel di gigi atau rongga mulut dan karang di bersihkan, maka dapat mengakibatkan tumbuh kembang kuman yang salah satunya dapat menimbulkan sariawan. Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol juga dapat memicu terjadinya sariawan.

Alergi zat tertentu

Pada beberaoa orang mungkinalergi terhadap zat tertentu sehingga dapat menimbulkan terjadinya sariawan. Alergi ini dapat dikarenakan akibat pemakaian lipstik yang tidak cocok, pasta gigi, makanan atau zat-zat lain yang memicu alergi ketika berada di rongga mulut penderitanya. Oleh karena itu perhatikan setiap zat atau makanan yang sekiranya dapat memicu alergi, sebab kondisi alergi ini merupakan masalah individu yang seringkali berbeda antara orang yang satu dengan yang lain.

Setelah menegtahui penyebab sering sariawan seperti yang telah dimjelaskan diatas, maka hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya sariawan antara lain yaitu dengan mnejaga kebersihan gigi dan mulut, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, banyak mengkonsumsi aior putih, berhati-hati saat mengunyah makanan untuk menghindari trauma pada mukosa mulut.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan untuk anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih sudah berkunjung

Penyebab Sering Sariawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar